Rabu, 01 Februari 2012

Analisisi SK/KD kedalam Fakta, Konsep dan Generalisasi


Analisisi SK/KD kedalam Fakta, Konsep dan Generalisasi
SMP Negeri                : 4 Ranah Pesisir
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester           : VII/ I
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit

Standar Kompetensi   : Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
Kompetensi Dasar       : Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
                                      yang bermoral

Konsep
Fakta
Generalisasi
Makhluk sosial
-          Komunikasi
-          Gotong royong disuatu daerah
-          Memberikan bantuan kepada korban bencana
Sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral manusia juga memenuhi kebutuhan untuk melangsungkan kehidupannya.
Makhluk ekonomi
-          Makan
-          Pakaian
-          Bekerja disuatu tempat
-          Sawah tempat bercocok tanam
Makhluk bermoral
-          Patuh terhadap aturan
-          Taat dalam agama
-          Bertingkah laku baik
Kebutuhan
-          Makan
-          Baju/ celana
-          Uang
-          Rumah



ANALISIS SK/KD KE DALAM INDIKATOR
DAN TUJUAN PEMBELAJARAN


SMP Negeri                : 4 Ranah Pesisir
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester           : VII/ I
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit
Standar Kompetensi   : Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
Kompetensi Dasar       : Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
                                      yang bermoral

A.    Indikator  :
1.      Mengidentifikasi ciri-ciri mahkluk sosial dan ekonomi
2.      Membedakan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
3.      Mengidentifikasi bentuk-bentuk kebutuhan manusia sebagai mahkluk sosial dan ekonomi
4.      Mengidentifikasi perilaku sosial dan ekonomi yang bermoral
5.      Mengidentifikasi usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya

B.     Tujuan     :
1.      Melalui diskusi kelompok siswa membuat ciri-ciri mahkluk sosial dan ekonomi
2.      Melalui bimbingan guru siswa mengklasifikasikan ciri-ciri mahkluk sosial dan ekonomi
3.      Melalui diskusi kelompok siswa menguraikan perilaku manusia sebagai mahkluk sosial dan ekonmi
4.      Melalui tanya jawab siswa memberikan contoh tetang perilaku sosial dan ekonomi yang bermoral
5.      Melalui diskusi kelompok siswa membuat daftar kebutuhan manusia sebagia mahkluk sosial dan ekonomi
6.      Melalui tanya jawab siswa mengungkap beberapa bentuk usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya
7.      Melalui bimbingan guru, siswa mengelompokan bentuk  usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya.
8.      Melalui bimbingan guru siswa menyimpulkan perilaku manusia sebagai mahkluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan.
9.      Dengan arahan guru siwa membuat catatan menurut bahasanya sendiri bahwa sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral manusia juga memenuhi kebutuhan untuk melangsungkan kehidupannya



C.    Kegiatan pembelajaran:
1.      Kegiatan Pembuka
-       Guru membagi siswa kedalam kelompok belajar
-       Menjelasakan tugas yang akan dilakukan siswa
-       Menyiapkan perangkat pembelajaran yang diperlukan siswa untuk melaksanakan tugas
-       Membuat dan metapkan kontrak belajar antara guru dan siswa
-       Meminta konfirmasi siswa tentang kejelasan tugas atau kegiatan kelompok
-       Mereview materi terkait yang telah dipelajar

2.      Kegiatan inti
Guru
Siawa
1.      Membagi siswa dalam beberapa kelompok belajar
2.      Menyampaikan arahan tetang bentuk diskusi kelompok
3.      Memfasilitasi siswa dalam diskusi kelompok
4.      Memberikan arahan tetang pengelompokan, bentuk usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya
5.      Membimbing siswa menyimpulkan perilaku manusia sebagai mahkluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhannya
6.      Mengarahkan siswa membuat catatan dengan bahasanya sendiri bahwa sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral manusia juga memenuhi kebutuhan untuk melangsungkan kehidupannya.
1.      Membuat kelompok belajar sesuai arahan guru
2.      Membentuk perangkat kelompok demi kelancaran diskusi
3.      Mendiskusikan ciri-ciri manusia sebagai mahkluk sosial dan ekonomi
4.      Mengklasifikasikan ciri-ciri manusia sebagai mahkluk sosial dan ekonomi
5.      Menguraikan perilaku manusia sebagai mahkluk sosial dan ekonmi
6.      Membuat daftar kebutuhan manusia sebagi mahkluk sosial dan ekonomi
7.      Memberikan contoh tetang perilaku manusia sebagai sosial dan ekonomi yang bermoral
8.      Mengungkap beberapa bentuk usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya
9.      Mengelompokan bentuk  usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya
10.  Membuat kesimpulan tentang perilaku manusia sebagai mahkluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
11.  Membuat catatan berdasarkan bahasa sendiri bahwa sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral manusia juga memenuhi kebutuhan untuk melangsungkan kehidupannya.

1 komentar: